kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Jelang penandatangan Naskah Perjanjian Dana Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020, empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) mengikuti ‘beauty contest’ di KPU Kabupaten Pacitan, Rabu (11/9/2019). Keempat bank tersebut adalah Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN.

Acara yang dihelat di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Pacitan itu, sesuai surat Sekjen KPU nomor 723/SJ/VI/2017 tentang penjelasan pembukaan rekening bank penampungan dana hibah pilkada. Artinya, setiap KPU Kabupaten/kota yang melaksanakan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati diharuskan melaksanakan Beauty Contest.  “Selain itu, juga mengacu  Peraturan Menteri Keuangan RI nomor: 252/PMK.05/2014 tentang Rekening Milik Kementrian Negara/Lembaga/Satuan Kerja,” kata Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini, saat membuka acara beauty contest.

Perlu diketahui, sebelumnya, KPU Pacitan sudah melakukan silaturahmi ke empat bank tersebut terkait ‘beauty contest’. Hasilnya, keempat bank menanggapinya dengan antusias. “Karena itu, kami menyampaikan undangan kepada empat bank yang tergabung dalam Himbara dan hari ini diadakan beauty contest,” imbuhnya.

Dijelaskan ‘beauty cotest’ adalah upaya memberikan kesempatan yang sama kepada semua bank yang tergabung dalam bank Himbara. Tujuannya, untuk memastikan bank yang ditunjuk tidak memiliki hubungan/afiliasi istimewa dengan pasangan calon dan tim sukses yang berkepentingan dalam pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, bank yang ditunjuk harus memberikan jaminan dan keamanan kelancaran dalam penyimpanan dan pendistribusian/penyaluran dana hibah, sekurang-kurangnya sampai tingkat kecamatan. Disisi lain, bank tetap wajib memberikan bunga/jasa giro atas dana hibah pilkada sesuai ketentuan dan wajib disetorkan setiap bulan berikutnya ke kas Negara. “Namun, jika dalam pelaksanaannya ada pemberian reward, maka merupakan penerimaan negara dengan mekanisme yang ssudah ditentukan. Diantaranya, jika bentuk uang, tentu harus disetorkan ke kas negara. Jika bentuk barang, penerimaannya melalui hibah BMN,” jelas plh Ketua KPU Pacitan, Aswika B. Arfandy.

Sementara itu, dalam acara paparan, masing-masing bank diberi waktu untuk mempresentasikan program unggulannya. Selain itu, juga penjelasan mengenai jaminan dan keamanan kelancaran dalam penyimpanan dan pendistribusian dana hibah. “Pengumpulan penawaran dari bank kita sepakati hari Selasa (18/9/2019), sekitar pukul 10.00 wib,” tutup Aswika. (nur)

https://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/09/602c20ce-a2ba-4491-8115-1d3934f5a42b-1024x681.jpghttps://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/09/602c20ce-a2ba-4491-8115-1d3934f5a42b-150x150.jpgEditorBerita KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Jelang penandatangan Naskah Perjanjian Dana Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020, empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) mengikuti ‘beauty contest’ di KPU Kabupaten Pacitan, Rabu (11/9/2019). Keempat bank tersebut adalah Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN. Acara yang dihelat di ruang Rumah...Pemilih Berdaulat Negara Kuat