KPU Pacitan – Mengawali tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak 2020, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Acara yang diikuti KPU Kabupaten / Kota Se-Jawa Timur, dihelat di Purnama Hotel, Kota Batu, selama dua hari, mulai tanggal 9-10 Oktober 2019.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam dalam sambutanya, menginstruksikan kepada 19 Kabupaten/ kota yang akan melaksanakan Pilkada agar serius mepelajari dan melaksanakan pemutakhiran data pemilih. Sebab, data pemilih yang bagus, akan menentukan dan memengaruhi angka partisipasi pemilih dalam pemilihan nanti.

Diakuinya, data perantau dibeberapa daerah menjadi permasalahan. Tetapi, jika data tersebut dihapus dari daftar pemilih, dikhawatirkan pada saat pemilihan orangnya ada. Namun jika tidak dihapus maka akan berpengaruh tinggi rendahnya pada angka partisipasi.

Karenaa itu, Choirul Anam berharap untuk DPK (daftar pemilih khusus) semakin tahun harus bisa menurun. Artinya data pemilih sudah semakin baik, dan tingkat partisipasi juga lebih meningkat. Untuk itu KPU Kabupaten/Kota harus bisa menjalin koordinasi yang baik dengan Disdukcapil terkait pemutakhiran data Pemilih.

Dalam Kesempatan tersebut juga disampaikan, tidak menutup kemungkinan dalam Pilkada nanti KPU RI menggunakan E-Rekap. Sehingga, di PPS, PPK maupun di KPU Kabupaten tidak ada rekapitulasi. Teknisnya disetiap KPPS ada nomor Handphone yang diregister pada sistem. Kemudian Plano dipotret dan dikirim ke server KPU RI yang kemudian akan terekap secara elektronik. (wan)

https://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/10/sss-1024x683.jpghttps://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/10/sss-150x150.jpgEditorBerita KPUKPU Pacitan - Mengawali tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak 2020, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Acara yang diikuti KPU Kabupaten / Kota Se-Jawa Timur, dihelat di Purnama Hotel, Kota Batu, selama dua hari, mulai tanggal 9-10 Oktober 2019. Ketua KPU Provinsi...Pemilih Berdaulat Negara Kuat