KPU Pacitan – Sudah genap 100 hari, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan periode 2019-2024, bekerja. Meski berkiprah baru seumur jagung, namun beberapa torehan-torehan sudah tercatatkan oleh komisioner yang berasal dari berbagai latar belakang pengalaman berbeda ini. Selain sebagai masa untuk beradaptasi, 100 hari pertama ini, sudah dimanfaatkan para komisioner tersebut, untuk melanjutkan estafet pekerjaan dari tugas yang diemban komisioner periode sebelumnya.

Beberapa torehan tersebut, antara lain mampu menghadapi dugaan sengketa proses Pemilu 2019 di Bawaslu dengan putusan tidak terbukti, melakukan renovasi halaman depan kantor menjadi lebih rapi, hingga penataan staf sehingga mampu bekerja optimal. Torehan keberhasilan lainnya adalah melakukan kesepakatan anggaran untuk pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 dengan Pemkab Pacitan dan DPRD Pacitan yang merupakan tercepat se Jawa Timur. Termasuk dilakukannya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tercepat se Indonesia, yang dibuktikan dengan hadirnya Ketua KPU RI Arief Budiman di Pacitan untuk memberikan apresiasi secara langsung. Dan yang prestisius adalah diraihnya predikat juara 1 sebagai KPU Berintegritas tingkat nasional, yang diserahkan ketua KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC) pada 23 September 2019.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini, mengaku bersyukur atas torehan-torehan di tiga bulan pertama tim nya bekerja. Hasil yang didapat tersebut, jauh melebihi ekspektasinya dan seluruh komisioner. “Ini adalah buah dari kerja tim, yaitu kami di komisioner dengan seluruh rekan di sekretariat, termasuk dukungan dari rekan tenaga pendukung,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Rini ini berharap, awalan yang baik tersebut, akan terus mengiringi langkah kerja terbaik, terutama lima tahun mendatang. Termasuk mampu menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaan demokrasi di Indonesia, khususnya di Pacitan. “Ini adalah motivasi besar dan berharga bagi kami. Tentu masih banyak kerja keras yang harus kami lakukan. Itulah sebabnya, supaya menjadikan kami mawas diri, masukan dan saran dari berbagai pihak terus kami harapkan,” ujarnya di tengah-tengah acara Rapat Evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019, Jumat (27/9) pagi.

Ya, untuk menguatkan kedekatan personal sekaligus sarana intropeksi diri di lingkungan KPU Pacitan, komisioner KPU Pacitan menginisiasi dilakukannya evaluasi tersebut. Kegiatan yang dilakukan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Pace KPU Pacitan ini, dihadiri seluruh personil KPU Pacitan. Mulai dari seluruh komisioner, sekretaris, para kasubbag, staf, tenaga kontrak, tenaga pendukung hingga siswa SMK yang tengah menjalani praktik kerja lapangan.

Acara dikemas dengan gayeng. Beberapa staf diminta mengungkapkan kesan-kesannya. Terutama selama menjalani pekerjaan di KPU Pacitan, khususnya di bawah komando komisioner periode 2019-2024. “Saya rasa semua berjalan cukup baik, koordinasi terbangun baik, dan kami berharap kondisi ini bisa terus berjalan,” terang Sekretaris KPU Pacitan Bambang Sutejo.

Ditambahkannya, prestasi nasional yang didapat pekan lalu, adalah bukti soliditas di internal KPU Pacitan. Tradisi baik tersebut, menurutnya tidak lepas dari peran seluruh personil di KPU Pacitan, untuk sama-sama menjadikan lembaga penyelenggara pemilu ini, tetap menjadi lembaga yang mampu berjalan seiring seirama secara kompak. “Meskipun masih ada beberapa kekurangan, akan tetapi kami optimistis mampu terus berbenah supaya tetap menjadi yang terbaik sebagai bagian dari pengabdian dalam pekerjaan,” terang Bambang Sutejo.

Acara evaluasi tersebut, diakhiri dengan pemotongan tumpeng, sebagai bagian dari rasa syukur dan pengharapan untuk lebih memupuk kebersamaan bagi seluruh personil di KPU Pacitan. Ada beberapa tumpeng yang dipotong. Tumpeng pertama diberikan Ketua KPU Pacitan kepada Sekretaris KPU Pacitan. Tumpeng berikutnya, dipotong oleh para komisioner dan diberikan kepada kasubbag masing-masing, sebagai simbol estafet kerjasama yang dibangun baik antara komisioner dengan sekretariat. (*)

https://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/09/sss-1024x682.jpghttps://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2019/09/sss-150x150.jpgEditorBerita KPUKPU Pacitan - Sudah genap 100 hari, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan periode 2019-2024, bekerja. Meski berkiprah baru seumur jagung, namun beberapa torehan-torehan sudah tercatatkan oleh komisioner yang berasal dari berbagai latar belakang pengalaman berbeda ini. Selain sebagai masa untuk beradaptasi, 100 hari pertama ini, sudah dimanfaatkan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat