kpud-pacitankab.go.id Pacitan –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan berbagai upaya dalam  berbagai kesempatan selalu berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam suatu pemilu maupun pemilihan. Partisipasi masyarakat yang tinggi akan menjadi tolok ukur keberhasilan dan kesuksesan suatu pemilu dan pemilihan.

Peningkatan partisipasi masyarakat ini menjadi suatu tantangan bagi KPU dimana pada masa sekarang ini, masyarakat  banyak yang menjadi apatis ketika dihadapkan pada suatu pemilihan. Terdapat banyak faktor yang  melatarbelakangi hal tersebut. Diantaranya kurangnya akses terhadap sosialisasi di masyarakat, rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pemilu dan pemilihan, serta kurang dikenalnya calon.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, KPU Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat. KPU selaku penyelenggara dalam melaksanakan setiap tahapan pemilu maupun pemilihan juga harus berpedoman kepada PKPU maupun Undang  – Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Bahan Sosialisasi

Di dalam PKPU tersebut, disebutkan berbagai metode dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat. Diantaranya adalah Forum Warga; Komunikasi tatap muka; Berbagi info melalui Media Massa; Penyebaran Bahan Sosialisasi; Mobilisasi Sosial; Pemanfaatan Budaya Lokal/Tradisional; Laman KPU; Papan Pengumuman KPU; Media Sosial; Media Kreasi; dan Bentuk lain yang memudahkan masyarakat untuk dapat menerima Informasi terkait pemilu maupun Pemilihan dengan baik.

Seperti yang disebutkan di atas, Bahan Sosialisasi (BS) merupakan sarana penyampaian informasi kepada masyarakat. BS terdiri dari Brosur; Leaflet; Pamflet; Booklet; Poster; Folder; dan Stiker.

KPU Pacitan pada Sabtu, 31 Maret 2018 lalu telah menerima BS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang dikirim oleh KPU Provinsi Jawa Timur. KPU Pacitan juga telah mendistribusikan BS kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Relawan Demokrasi, serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.

Di tingkat Kecamatan dan Desa, BS telah dipasang oleh PPK dan PPS di beberapa tempat, diantaranya Kantor Kecamatan; Balai/Kantor Desa/Kelurahan; Balai RT/RW; Masjid dan Mushola; Pos Kamling; Puskesmas; Balai pengobatan; Kantor Koperasi; Pasar serta tempat-tempat umum lainnya yang menjadi titik konsentrasi massa. Dengan bekerja sama bersama berbagai pihak, pemasangan BS yang dilakukan oleh KPU Pacitan, melalui PPK dan PPS umumnya tidak dijumpai kendala.

Harapannya, dengan pemasangan BS dapat lebih meningkatkan dan menggugah kesadaran masyarakat akan hak-haknya, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu maupun pemilihan.

gil/ym/hardi

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-12-at-10.59.52-AM-1024x768.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-12-at-10.59.52-AM-150x150.jpegAdminBerita KPUKPU MELAYANI,KPU PACITAN,PERATURAN KPU,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,SOSIALISASI KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan berbagai upaya dalam  berbagai kesempatan selalu berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam suatu pemilu maupun pemilihan. Partisipasi masyarakat yang tinggi akan menjadi tolok ukur keberhasilan dan kesuksesan suatu pemilu dan pemilihan. Peningkatan partisipasi masyarakat ini menjadi suatu tantangan bagi KPU dimana pada...Pemilih Berdaulat Negara Kuat