kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Penetapan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi dalam suatu daerah merupakan hal yang sangat krusial. Jumlah kursi yang diberikan kepada suatu daerah ditentukan dengan banyaknya jumlah penduduk pada daerah tersebut. Tujuannya adalah supaya ada pemerataan keterwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang bisa memperjuangkan hak masyarakat secara menyeluruh. Uji publik usulan dapil dan alokasi kursi pun harus dilakukan untuk mendapatkan pendapat dari stakeholder terkait pemilihan umum (Pemilu) 2019.

“Menurut Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) Semester 1 Tahun 2017, jumlah penduduk Kabupaten Pacitan adalah 582.275 jiwa. Data ini diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri kepada KPU RI pada 17 Desember 2017. Kemudian juga sudah ditetapkan kursi untuk anggota DPRD adalah 45 kursi,” jelas Wahyu Nugroho, Divisi Teknis KPU Pacitan. Paparan tersebut disampaikan saat uji publik penataan dapil dan alokasi kursi di Hotel Srikandi, Pacitan (12/2).

Usulan Penataan Dapil di Pacitan

KPU Pacitan menata dapil dan jumlah alokasi kursi melalui prinsip yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Setelah melalui proses simulasi yang melibatkan stakeholder pemilu 2019, maka terdapat 6 dapil yang ada di Pacitan. Dapil 1 Kecamatan Pringkuku dan Pacitan; Dapil 2 Kecamatan Donorojo dan Punung; Dapil 3 Kecamatan Nawangan dan Bandar; Dapil 4 Kecamatan Tegalombo dan Arjosari; Dapil 5 Kecamatan Kebonagung dan Tulakan; Dapil 6 Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro dengan jumlah total 45 kursi.

Masukan dan Tanggaan Uji Publik

Pada acara uji publik tersebut, ada beberapa masukan dan tanggapan salah satunya dari Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono. Dalam kesempatan itu Ronny menyampaikan bahwa dalam penataan dapil dan alokasi kursi supaya mempertimbangkan aspek geografis Kabupaten Pacitan. “Mengingat kondisi geografis dan luasnya daerah di Pacitan, mohon dipertimbangkan aspek tersebut. Hal ini agar suara dan aspirasi masyarakat bisa terdistribusi dengan baik,” ucap Ronny.

Acara yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pacitan dilanjutkan dengan sesi mendengarkan usulan/tanggapan dari seluruh peserta uji publik. Tampak hadir pula Komandan Kodim Pacitan, Kapolres Pacitan, Forkopimda, Bawaslu, Ketua Parpol, media masa serta Dinas dan instansi terkait.

wn/gil/ym

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/02/IMG_8046-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/02/IMG_8046-150x150.jpgAdminBerita KPUKPU MELAYANI,KPU PACITAN,PACITAN,PARTAI POLITIK,PEMILU 2019,PERATURAN KPU,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUNkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Penetapan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi dalam suatu daerah merupakan hal yang sangat krusial. Jumlah kursi yang diberikan kepada suatu daerah ditentukan dengan banyaknya jumlah penduduk pada daerah tersebut. Tujuannya adalah supaya ada pemerataan keterwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang bisa memperjuangkan hak masyarakat...Pemilih Berdaulat Negara Kuat