kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Sosialisasi tentang tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan. Bekerja sama dengan KPU Provinsi Jatim dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Pacitan, diadakan sosialisasi tatap muka tahapan Pilgub Jatim 2018.

Sosialisasi diadakan di Pandan Kurung, Sea View Pacitan pada Sabtu (12/5) pada Pukul 15.00 WIB. Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Pacitan Indartato; Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito; Ketua KPU Pacitan beserta seluruh jajaran Komisioner KPU Pacitan; Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pacitan Syamsul Arifin.

Selain itu hadir pula Ketua KAHMI Kabupaten Pacitan; perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan serta anggota KAHMI dan HMI seluruh Kabupaten Pacitan sekitar 100 orang yang memenuhi ruangan.

Acara dimulai dengan sambutan Presidium KAHMI Kabupaten Pacitan, M. Isa Anshori. Dalam sambutannya Isa Anshori menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Pacitan dan Ketua KPU Provinsi.

“Penyelenggaraan sosialisasi ini dalam rangka meluruskan visi keislaman dan keindonesiaan, bahwa dalam kerangka Islam kita menghendaki adanya seorang pemimpin,” ucap Isa.

Lebih lanjut Isa juga menyampaikan, dalam hal Pilgub ini, memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang pemimpin merupakan salah satu visi misi keislaman dan keindonesiaan yang dimiliki Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diteruskan oleh KAHMI.

Penyampaian Materi Sosialisasi Tatap Muka Tahapan Penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018

Pada kesempatan tersebut, narasumber sosialisasi terdiri dari Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito; Komisioner KPU Pacitan Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Sulis Styorini; dan Anggota Panwas Kabupaten Pacitan Syamsul Arifin.

Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito berkesempatan memaparkan materi pertama dihadapan peserta yang hadir. “Tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Kepala Daerah Tahun 2018 ini merupakan tahapan yang ke 3 yang telah dilakukan secara serentak,” jelas Eko. Menurut Eko tahun ini ada Pilgub serentak dan ada 19 Kabupaten/Kota yang melakukan Pilkada yang juga dilaksanakan serentak.

“Ini akan menjadi pemilihan Gubernur dan Walikota yang terbesar di Indonesia, karena ada 19 Kabupaten/Kota yang memilih Walikota dan ditambah Pilgub Jatim,” tegas Eko.

“Nanti pada tahun 2024, akan dilaksanakan Pilkada secara serentak. Jadi tidak ada lagi pemilihan yang dilaksanakan secara bertahap,” ucap Eko.

Penyampaian Materi Narasumber Lainnya

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Komisioner KPU Pacitan Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Sulis Styorini. Pada kesempatan itu, wanita yang akrab disapa Rini ini menyampaikan materi tentang persiapan KPU Kabupaten Pacitan dalam menyongsong Pilgub Jatim 2018.

“Saat ini tahapan yang kami laksanakan adalah proses pembentukan KPPS, dalam Pilgub nanti kita akan membutuhkan kurang lebih 6 ribu orang sebagai KPPS,” papar Rini. Alokasi KPPS yang mencapai 6 ribu ini berbanding lurus dengan jumlah TPS yang ada di Pacitan.

“Saat mencoblos nanti, pemilih harus bisa menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebagai syarat sah untuk mencoblos,” tegas Rini. Lebih lanjut Rini menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk bisa menginformasikan penggunaan KTP-el kepada masyarakat lainnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan materi pengawasan pemilihan oleh anggota Panwas Kabupaten Pacitan, Syamsul Arifin.

gil/S.Rini

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Pacitan-KPU.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Pacitan-KPU-150x150.jpgAdminBerita KPUKAHMI,KPU JATIM,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,SOSIALISASI KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Sosialisasi tentang tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan. Bekerja sama dengan KPU Provinsi Jatim dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Pacitan, diadakan sosialisasi tatap muka tahapan Pilgub Jatim 2018. Sosialisasi diadakan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat