kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 akan memasuki masa-masa kampanye. Tahapan kampanye ini adalah untuk meyakinkan pemilih/masyarakat dengan menawarkan visi, misi, dan program dari para peserta Pemilu.

Selain itu, mekanisme, peraturan, serta tata cara kampanye juga diatur di dalam peraturan yang dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu. Dengan tujuan untuk menciptakan Kampanye yang aman dan tertib sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh penyelenggara.

Bersamaan dengan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengeluarkan Peratuaran KPU (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu Tahun 2019, serta Petunjuk Teknis (Juknis) KPU RI Nomor 946/PP.08-SD/06/KPU/VIII/2018 perihal Fasilitasi APK bagi Peserta Pemilu Tahun 2019

Undang Parpol Bahas PKPU Nomor 23 Tahun 2018

Untuk membahas hal tersebut lebih lanjut, KPU Kabupaten Pacitan mengundang Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019; Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan; dan Kepolisian Resor Pacitan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Pacitan pada hari Sabtu (8/9).

Ketua KPU Pacitan Damhudi, Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi SDM dan Parmas Suhardi, serta Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi Perencanaan dan Data Sittah AAQ juga turut hadir pada acara Sosialisasi PKPU Nomor 23 Tentang Kampanye ini.

“KPU mendapatkan kesempatan yang bagus ini untuk mesosialisasikan PKPU 23 Tentang kampaye kepada Parpol. Kami mengambil langkah lebih awal sebelum dilaksanakannya tahapan kampanye untuk melakukan sosialisasi ini,” jelas Damhudi. Damhudi menjelaskan banyak yang harus diperhatikan dalam kampanye ini, termasuk bentuk-bentuk kampanye tersebut.

“Yang boleh melaksanakan kampanye adalah peserta Pemilu, dimana peserta Pemilu sendiri itu adalah Partai Politik. Dan ketentuan-ketentuan dalam kampanye juga sudah diatur dalam PKPU,” imbuh Damhudi.

Pemaparan Materi Oleh Narasumber

Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi SDM dan Parmas Suhardi berkesempatan melanjutkan pemaparan materi. “Beberapa hal sudah disampaikan oleh Ketua di awal bahwa tahapan kampanye ini bersifat dinamis. Artinya dalam PKPU ini masih akan ada beberapa DIM (Daftar Inventaris Masalah, Red) yang akan terus dikonsultasikan,” jelas Suhardi.

“Disini kami juga akan menyampaikan apa saja isi dan konten yang ada di dalam PKPU 23 ini yang berkaitan dengan pelaksanaan Kampanye Pemilu Tahun 2019 nanti,” imbuhnya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi PKPU Nomor 23 Tahun 2018 yang diperhatikan dengan seksama oleh undangan yang hadir.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Stefanus juga memberikan paparan materinya tentang pengawasan Kampanye Pemilu 2019. “Tugas kami adalah untuk melakukan pencegahan terhadap pelanggaran pada Pemilu 2019,” ujar Berty.

Berty juga menghimbau kepada Parpol bahwa untuk tetap mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara terkait setiap tahapan Pemilu 2019. Selain itu Berty juga berharap kepada Parpol untuk tetap berkoordinasi dan berkomunikasi baik dengan KPU serta Bawaslu.

Narasumber dari Polres Pacitan, Marjan juga memberikan penjelasan pada siang hari itu. “Pelaksanaan Pemilu ini sudah berulang kali kita laksanakan, terkait dengan penerbitan surat kampanye tidak banyak berubah dari sebelumnya,” ucam Marjan.

Marjan juga menghimbau kepada Parpol untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. “Kami berharap kepada Parpol untuk terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak kepolirisan terkait pemberitahuan terkait segala kegiatan Kampanye,” tegas Marjan.

“Demi kenyamanan dan ketertiban bersama, seluruh pihak kami mohon untuk mentaati peraturan yang berlaku demi mewujudkan Pacitan yang aman, damai, dan sejuk saat Kampanye nanti,” imbuhnya.

Hardi/gil

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/09/IMG_6476-1-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/09/IMG_6476-1-150x150.jpgAdminBerita KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 akan memasuki masa-masa kampanye. Tahapan kampanye ini adalah untuk meyakinkan pemilih/masyarakat dengan menawarkan visi, misi, dan program dari para peserta Pemilu. Selain itu, mekanisme, peraturan, serta tata cara kampanye juga diatur di dalam peraturan yang dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu. Dengan tujuan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat