Pacitan, kpud-pacitankab.go.id, Tahapan Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Serta Presiden dan Wakil Presiden, yang disebut dengan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 sudah berjalan. Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 akan digelar serentak seluruh Indonesia di hari dan tanggal yang sama yaitu, pada hari Rabu, tanggal 17 Arip 2017. Semarak untuk menciptakan gairah dan suasana gelaran Pemilu tahun 2019 mulai digaungkan, seiring sejalan dengan tahapan yang telah direncanakan. Sosialisasi dan publikasi dalam rangka penyebar luasan informasi terkait Pemilu serentak tahun 2019 juga sudah mulai terus di dilakukan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu tahun 2019 saat ini juga sedang melaksanakan tahapan pemutakiran data pemilih. Pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh KPU dalam tahap ini adalah memasuki masa sosialisasi dan tanggapan masyarakat terkait dengan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). DPSHP sudah terpasang di tempat – tempat setrategis di lingkungan masyarakat. DPSHP di pasang di papan – papan pengumuman di balai desa, kantor desa, dan lain – lain. Dengan di pasangnya DPSHP di tempat – tempat strategis tersebut dimaksudkan agar masyarakat (pemilih) dengan mudah dapat melihat dan menjangkau secara langsung, sehingga akan dapat mengetahui nama-nama pemilih yang bersangkutan sudah terdaftar atau belum. Diharapkan masyarakat (pemilih) akan dapat dengan mudah memberikan tanggapan dan masukan terkait DPSHP kepada penyelenggara sesuai tingkatanya.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini, KPU Pacitan menggelar Sosialisasi DPSHP kepada organisasi masyarakat (Ormas) serta pihak – pihak terkait. Bertempat di ruang pertemuan Hotel Srikandi Pacitan, Rabu, 08 Agustus 2018 kegiatan ini di gelar. Perwakilan ormas dan pihak terkait yang ada di Pacitan hadir, diantaranya, Diknas, HKTI, PKK, Darma Wanita, Organisasi Mahasiswa Extra Kampus, dan lain-lain.

Anggota komisioner KPU Pacitan, divisi perencanaan dan data, Sittah AAQ, dalam penjelasanya menyampaikan bahwa di era teknologi informasi kekinian, masyarakat pemilih dapat secara langsung melihat dirinya terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu atau belum. “Klik saja dengan mudah di sidalih3.kpu.go.id dengan hp android kita, tentunya yang sudah terhubung dengan internet, masukkan NIK” jelasnya. “Pemilih yang sudah terdaftar sebagai pemilih akan muncul sesuai dengan alamat dan TPS dimana dia tinggal” tegasnya.

Di undangnya para pimpinan ormas dalam kegiatan ini dimaksudkan agar hasil yang di dapatkan dari kegiatan sosialisasi DPSHP yang dilakukan oleh KPU Pacitan dapat di sebar luaskan kepada para anggota maupun jamaahnya. Disamping itu para peserta yang hadir juga dilibatkan dalam forum diskusi secara aktif untuk ikut memberikan tanggapan dan masukan demi suksesnya setiap tahapan pemilu yang diselenggarakan oleh KPU.

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/08/Dg-ORMAS.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/08/Dg-ORMAS-150x150.jpgAdminBerita KPUPacitan, kpud-pacitankab.go.id, Tahapan Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Serta Presiden dan Wakil Presiden, yang disebut dengan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 sudah berjalan. Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 akan digelar serentak seluruh Indonesia di hari dan tanggal yang sama yaitu,...Pemilih Berdaulat Negara Kuat