kpud-pacitankab.go.id Pacitan Tahapan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 sudah berjalan. Dalam pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalan Pemilu 2019 kini telah menggunakan aplikasi.

Aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pemilu 2019 yang akan digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pendaftaran calon anggota DPD, DPR, dan juga DPRD.

Perkenalan Aplikasi Silon Kepada Parpol

KPU Kabupaten Pacitan pada Senin (4/6) mengundang Ketua Parpol yang ada di Kabupaten Pacitan untuk menghadiri Sosialisasi Aplikasi Silon Anggota DPRD Kabupaten. Sosialisasi yang diadakan di Hotel Prasasti ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Pacitan, dan seluruh anggota Komisioner KPU Pacitan beserta panitia acara sosialisasi. Hadir pula ketua dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan.

“Kami akan memperkenalkan aplikasi untuk pendaftaran anggota DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2019 nanti,” jelas Damhudi. Damhudi menjelaskan bahwa ada mekanisme yang harus diikuti oleh Parpol peserta Pemilu dalam menggunakan aplikasi Silon ini.

“Parpol diharapkan untuk memberikan surat mandat kepada operator Silonnya yang kemudian diserahkan kepada KPU,” imbuh Damhudi. Setelah memberikan surat mandat dan persyaratan lainnya, operator Silon dari Parpol akan diberikan password dan username untuk dapat mengakses Silon.

Pendaftaran calon akan dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli sampai dengan 17 Juli. “Dalam tahap pendaftaran, parpol yang bersangkutan akan melengkapi persyaratan seperti formulir yang akan di unggah ke aplikasi Silon,” papar Damhudi.

Selain persyaratan tersebut, Damhudi mengingatkan untuk keterwakilan perempuan dalam susunan daftar bakal calon. “Dalam susunan tersebut harus ada sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan,” tegas Damhudi.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi dan penggunaan aplikasi Silon oleh Operator Silon KPU Kabupaten Pacitan Mei Tri Hastuti.

Himbauan Bawaslu Pacitan

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Stefanus memberikan arahannya saat sosialisasi yang digelar di Hotel Prasasti tersebut. “Caleg atau Parpol harus sering melakukan koordinasi dan konsultasi dengan KPU. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada pelanggaran ataupun kurangnya persyaratan administrasi pendaftaran,” paparnya.

gil/Tekmas

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/06/IMG_2017-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/06/IMG_2017-150x150.jpgAdminBerita KPUKPU MELAYANI,KPU PACITAN,PARTAI POLITIK,PEMILU 2019,SILONkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Tahapan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 sudah berjalan. Dalam pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalan Pemilu 2019 kini telah menggunakan aplikasi. Aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pemilu 2019 yang akan digunakan oleh Komisi Pemilihan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat