kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 sudah semakin dekat. Dengan kurun waktu yang terhitung tinggal tiga bulan lagi, pelaksanaan akan digelar pada Tanggal 27 Juni 2018.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi maupun Kabupaten/Kota semakin gencar melakukan sosialisasi. Salah satu bentuk ssosialisasi yang dilakukan adalah dengan simulasi coblos. Dengan adanya simulasi coblos ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat di dalam pemilihan.

Simulasi Coblos Melibatkan Media dan Penyandang Disabilitas

Selasa (13/3/2018) KPU Kabupaten Pacitan menggelar Simulasi Tata Cara Coblos Pilgub Jatim 2018 dengan bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Pacitan. Simulasi ini mengundang rekan awak media di Pacitan da kelompok penyandang disabilitas. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan, Korem 001/051 serta perwakilan dari Kepolisian Resor Pacitan. Hadir juga seluruh Komisioner KPU Pacitan serta jajaran staf Sekretariat.

“Dengan simulasi ini, kami berharap teman-teman media dan penyandang disabilitas lebih mengetahui dan memahami bagaimana proses Pemilu dilakukan,” Jelas Damhudi. Ketua KPU Pacitan. “Teman-teman diharapkan dapat mengetahui proses-proses sebelum dilaksanakan pemilihan, ketika pemilihan itu berlangsung dan pada saat rekapitulasi hasil dilakukan,” imbuh Damhudi.

Pengarahan Divisi

Divisi SDM dan Parmas Suhardi menambahkan bahwa simulasi ini adalah bagian dari proses sosialisasi pada Pilgub Jatim 2018. “Bagi teman-teman media  jangan lupa ikut menghimbau kepada masyarakat agar terdaftar sebagai pemilih,” himbau Suhardi.

Sasaran sosialisasi ini tidak memiliki batasan di masyarakat, tidak terkecuali kepada teman-teman penyandang Disabilitas. “Bagi teman-teman disabilitas, KPU memfasilitasi dengan menyediakan Formulir C-3 (pendamping pemilih) untuk memudahkan dalam memberikan hak suara,” himbau Suhardi. Hal ini disimulasikan di dalam acara simulasi coblos yang berlangsung mulai Pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai ini.

Pada kesempatan yang sama, Divisi Teknis KPU Pacitan Wahyu Nugroho juga memberikan pengarahannya terkait dengan simulasi ini. “Tujuan dari simulasi coblos ini agar masyarakat tahu bagaimana alur di dalam penyelenggaraan dan pemungutan suara di TPS,” jelas Wahyu.

Dalam simulasi coblos kali ini, tempat dan situasi di setting identik seperti pada saat pelaksanan pemungutan suara berlangsung di TPS. Alat dan kelengkapan pemungutan dan penghitungan suara disediakan sesuai kebutuhan ala TPS. Tersedianya kotak suara, bilik suara serta petugas-petugas secara lengkap layaknya petugas KPPS yang bertugas di TPS.  Begitu juga ada saksi-saksi, Pengawas TPS dan Linmas.

Jalanya proses simulasi coblos dipandu langsung oleh divisi Teknis dari anggota Komisioner KPU Pacitan, Wahyu Nugroho.

gil/hardi

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/03/IMG_9003-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/03/IMG_9003-150x150.jpgAdminBerita KPUKPU MELAYANI,KPU PACITAN,PACITAN,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,SOSIALISASI KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 sudah semakin dekat. Dengan kurun waktu yang terhitung tinggal tiga bulan lagi, pelaksanaan akan digelar pada Tanggal 27 Juni 2018.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi maupun Kabupaten/Kota semakin gencar melakukan sosialisasi. Salah satu bentuk ssosialisasi yang dilakukan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat