kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan kampanye pada tahapan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 merupakan tahapan yang sangat krusial. Peserta Pemilu yang tak lain adalah Partai Politik (Parpol) dalam melaksanakan kampanye juga harus memperhatikan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Dalam hal ini, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 tentang kampanye menjadi acuan dasar bagi peserta Pemilu dalam melaksanakan kampanye. Dalam menyelaraskan antara peraturan dalam PKPU Nomor 23 dengan pelaksanaan kampanye, KPU Kabupaten terus melaksanakan sosialisasi tentang peraturan tersebut.

Pada hari Sabtu (6/10), Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan Berty Stefanus menghadiri undangan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam  sosialisasi PKPU Nomor 23 di kantor PKB Jalan Dr. Sutomo No.21 C, Tanjungsari, Pacitan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Pacitan, Fibi Irawan menghimbau kepada seluruh calon anggota legislatif (Caleg) yang hadir dalam acara tersebut untuk mengikuti sampai selesainya acara. “Akan ada banyak materi yang akan disajikan oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu tentang kampanye,” jelas Fibi.

Fibi juga berharap seluruh Caleg dapat menguasai materi dengan baik, supaya dalam pelaksanaan kampanye selanjutnya dapat berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

Pemaparan Materi Oleh KPU dan Bawaslu

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Pacitan memaparkan materi tentang pelaksanaan kampanye sesuai dengan PKPU Nomor 23 Tahun 2018. “Saya berharap Parpol peserta Pemilu akan terus berkoordinasi bersama KPU dalam pelaksanaan kampanye nanti,” terang Damhudi, Ketua KPU Pacitan.

Lebih lanjut, Damhudi memparkan materi tentang ketentuan umum serta kewajiban Parpol dalam melaksanakan kampanye. “Setiap kali akan mengadakan kegiatan kampanye, peserta Pemilu baik itu Parpol atau Caleg harus berkoordinasi dahulu dengan KPU dan pihak terkait lainnya. Misalnya Parpol harus melaporkan jadwal kegiatan kampanye dan mengurus surat izin dari Kepolisian jika akan melaksanakan kampanye,” tambah Damhudi.

Menurutnya hal ini wajib dilaksanakan oleh peserta Pemilu, sebab seluruh kegiatan kampanye akan di monitoring oleh Bawaslu Kabupaten Pacitan. Damhudi berharap seluruh tahapan kampanye berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga dapat diwujudkan pemilihan yang aman dan damai, Pacitan is Pacitan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pengawasan kampanye Pemilu Tahun 2019 oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Berty Stefanus.

Tekmas/gil

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/10/IMG_7225-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/10/IMG_7225-150x150.jpgAdminBerita KPUkpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan kampanye pada tahapan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 merupakan tahapan yang sangat krusial. Peserta Pemilu yang tak lain adalah Partai Politik (Parpol) dalam melaksanakan kampanye juga harus memperhatikan mekanisme dan peraturan yang berlaku. Dalam hal ini, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 tentang kampanye menjadi acuan dasar bagi peserta Pemilu dalam melaksanakan...Pemilih Berdaulat Negara Kuat