kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 tinggal beberapa hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan semakin meningkatkan persiapan jelang pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 ini.

Diantaranya adalah meningkatkan kualitas dan integritas badan Adhoc KPU lainnya, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS). Seluruh badan Adhoc ini diharapkan dapat melaksanakan pemilihan dengan profesional dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara

Pada hari Jum’at (11/5), KPU mengundang Ketua PPK, PPK Divisi Teknis, dan PPK Divisi Logistik untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Dalam Pilgub Jatim Tahun 2018. Bimtek yang digelar di Pandan Kurung, Sea View Pacitan ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Pacitan, Komisioner KPU Divisi Teknis, Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, dan Komisioner KPU Divisi Keuangan Umum dan Logistik.

Bimtek dimulai pada pukul 09.00 WIB ini diawali dengan sambutan Ketua KPU Pacitan, Damhudi. Dalam sambutanya pria berdarah Pacitan ini menyampaikan bahwa KPU Pacitan adalah yang pertama dalam melaksanakan Bimtek Pemungutan dan Pengihtungan suara ini.

“Kami berharap Bapak/Ibu mengikuti Bimtek ini secara serius, mengingat proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara ini diawali dengan proses Bimbingan Teknis,” jelas Damhudi. Proses Pemungutan dan Penghitungan suara di Indonesia merupakan proses yang paling rumit di dunia. Hal ini disebabkan rumitnya proses yang harus dilalui, serta banyaknya elemen-elemen penting dalam proses pemungutan dan penghitungan suara ini. Sehingga perlu pemahaman setiap proses bagi pelaksana pemilihan, termasuk badan Adhoc KPU tersebut.

“Pedoman kita dalam Bimtek kali ini adalah PKPU Nomor 8 Tahun 2018, semua Pasal dan Ayat dalam PKPU ini menjadi pedoman Bapak/Ibu semuanya,” imbuh Damhudi. Damhudi berharap Seluruh PPK Divisi Teknis dan Divisi Logistik harus benar-benar menguasai Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 yang akan di bedah dalam Bimtek kali ini.

Damhudi mengingatkan kepada seluruh Divisi di dalam PPK untuk saling membantu dan berkoordinasi dalam melaksanakan setiap tahapan. “Kami berharap kepada PPK di seluruh Divisi akan bekerja secara profesional demi melaksanakan tiap tahapan,” pungkas Damhudi.

Jalannya Bimtek

Acara siang itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis, Wahyu Nugroho. Materi yang disampaikan adalah penjelasan dan pemahaman PKPU Nomor 8 Tahun 2018. “Ada banyak materi yang akan saya sampaikan dan juga akan dilakukan simulasi pengisian formulir model C KWK,” jelas Wahyu Nugroho. Hal ini mengingat setelah selesai mendapatkan Bimtek dari KPU, PPK juga akan segera melaksanakan Bimtek dengan PPK dan KPPS.

Wahyu Nugroho melanjutkan dengan pemaparan PKPU Nomor 8 Tahun 2018 di hadapan PPK se Kabupaten Pacitan. Setelah selesai pemaparan, Bimtek dilanjutkan dengan simulasi pengisian formulir model C KWK dan pembagian tugas KPPS  oleh seluruh PPK.

gil/S.Rini

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/IMG_1248-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/IMG_1248-150x150.jpgAdminBerita KPUBIMTEK KPU,KEGIATAN RUTIN KPU,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,PERATURAN KPU,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,PPK & PPS,Tungsurakpud-pacitankab.go.id Pacitan – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 tinggal beberapa hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan semakin meningkatkan persiapan jelang pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 ini. Diantaranya adalah meningkatkan kualitas dan integritas badan Adhoc KPU lainnya, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia...Pemilih Berdaulat Negara Kuat