Kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Tahapan persiapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 telah memasuki tahapan pembentukan badan Adhoc. Badan Adhoc yang dimaksud adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 untuk Kabupaten Pacitan, yang akan menyelenggarakan Pemilu tahun 2019. Pembentukan PPK dan PPS Pemilu kali ini melalui proses evaluasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Pelantikan Dihadiri Sekda dan Forkopimda Kabupaten Pacitan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar pelantikan PPK dan PPS Pemilu 2019 pada hari Kamis (8/3/2018). Pelantikan kali ini bertempat di Ruang Pertemuan Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan dan dihadiri para anggota PPK dan anggota PPS se-Kabupaten Pacitan.

Selain itu, pelantikan juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Suko Wiyono yang mewakili Bupati Pacitan Indartato yang berhalangan hadir. Tampak hadir pula Anggota Komisi 1 DPRD Pacitan Joko Susilo Hadi, Forkopimda, Camat se-Kabupaten Pacitan. Dan seluruh Komisioner KPU Pacitan, Sekretaris KPU Pacitan serta seluruh jajaran staff Sekretariat KPU Pacitan juga hadir dalam pelantikan tersebut.

Jalannya Pelantikan

Ketua KPU Pacitan Damhudi membuka acara sekaligus melakukan pelantikan anggota PPK dan PPS. Pelantikan dilakukan melalui perwakilan PPK dan PPS yang akan diambil sumpah/janjinya. Dengan disaksikan Rohaniawan dari Kementerian Agama Pacitan Bakhrul Husaini, perwakilan PPK dan PPS diambil sumpahnya/janjinya. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Ketua KPU, PPK, PPS dan Rohaniawan.

Ketua KPU Pacitan Damhudi dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam pelantikan PPK dan PPS mengacu pada Surat Keputusan KPU RI. “Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI No. 31 Tahun 2018 tentang periodesasi. Sehingga Ketua PPK atau PPS untuk hari ini ada yang tidak bisa kita lantik,” tegas Damhudi. Pelaksanaan Pilgub Jatim dan Pemilu 2019 berjalan secra beriringan. Sehingga nantinya akan ada dua Ketua PPK ataupun PPS yang masing-masing menangani Pilgub Jatim 2018 dan Pemilu 2019.

“Kami berharap kepada semua PPK dan PPS untuk tetap menjaga integriras. Karena Pemilu di Indonesia adalah Pemilu yang paling rumit di Dunia,” imbuh Damhudi. Hal ini dikarenakan dalam satu hari nanti akan ada pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden; pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI); Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi; DPRD Kabupaten/Kota; dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pada kesempatan yang sama Sekda Kabupaten Pacitan Suko Wiyono memberikan arahannya kepada seluruh PPK dan PPS yang hadir. “Pesan saya kepada PPK dan PPS bahwa semua harus profesional. Anda harus menguasai peraturan yang ada, terkait dengan Pemilu,” tegasnya. Suko juga menghimbau selaku penyelenggara Pemilu diharapkan untuk netral dan bekerja untuk kepentingan  penyelenggaraan Pemilu.

gil/hardi

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/03/DSC_1130-1024x681.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/03/DSC_1130-150x150.jpgAdminBerita KPUKPU MELAYANI,KPU PACITAN,PEMILU 2019,PPK & PPSKpud-pacitankab.go.id Pacitan – Tahapan persiapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 telah memasuki tahapan pembentukan badan Adhoc. Badan Adhoc yang dimaksud adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 untuk Kabupaten Pacitan, yang akan menyelenggarakan Pemilu tahun 2019. Pembentukan PPK dan PPS Pemilu kali ini melalui...Pemilih Berdaulat Negara Kuat