kpud-pacitankab.go.id Pacitan – Kerajinan batu mulia merupakan kerajinan khas dari Kota Pacitan. Sudah sejak lama Pacitan menjadi sentra produksi kerajinan batu mulia, sehingga hal ini menjadi daya tarik sebagian masyarakat untuk menimba rupiah dari hasil kerajinan batu mulia ini.

Dengan melihat potensi banyaknya sumber daya manusia yang terserap sebagai perajin batu mulia ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menjadikan perajin batu mulia tersebut sebagai sasaran sosialisasi.

Pada hari Sabtu (12/5), KPU Kabupaten Pacitan menggelar sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 yang bertempat di Rumah Pintar desa Sekar, Donorojo. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Sosialisasi Outdoor Berbasis Komunitas ini mengundang perajin batu akik yang ada di Pacitan.

Dihadiri Ketua KPU Provinsi Jatim

Acara yang digelar mulai Pukul 20.00 WIB ini tampak meriah dengan dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Jatim, Eko Sasmito; Ketua KPU Pacitan; jajaran Komisioner KPU Pacitan; Sekretaris KPU Pacitan; serta staff dan karyawan sekretariat KPU Pacitan. Selain itu hadir pula Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK); Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Donorojo; Panwascam Kecamatan Donorojo; Forkopimca; dan Stakeholder lainnya yang memenuhi undangan.

Acara dibuka oleh Ketua PPK Kecamatan Donorojo, Agus Subagyo. Dalam sambutannya Agus menyatakan bahwa sosialisasi ini diikuti oleh seluruh perajin batu akik yang berada di Kecamatan Donorojo dan sekitarnya. “Perajin batu mulia (akik) di Donorojo sangat luar biasa, mereka mempunyai pasar tersendiri, yang sangat dikenal di berbagai wilayah” ungkap Agus.

“Setiap keluarga di sekitar Desa Sekar dan Sukodono ini, misalnya, memiliki alat produksi batu akik sendiri, sehingga hasil produksi akik disini sangat luar biasa,” tambah Agus. Agus berharap dengan sosialisasi ini, pemahaman para perajin batu akik yang berada di Donorojo khususnya bisa makin meningkat. Sehingga ketika saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nanti mereka siap untuk menyalurkan hak suaranya dengan baik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Pacitan Damhudi, juga memberikan sambutannya dihadapan undangan yang hadir. “Ini merupakan sosialisasi berbasis komunitas yang kesekian kalinya diadakan oleh KPU, dan kesempatan kali ini kami (KPU,Red) bangga bisa hadir dihadapan perajin batu akik untuk melakukan sosialisasi,” sambut Damhudi.

“Tahun 2010 dan 2015 yang lalu, akik menjadi maskot Pilkada Pacitan dengan julukan “Mas Akik”, dan Insyaallah untuk Pilkada mendatang kami akan tetap menggunakan maskot “Mas Akik” ini kembali,” papar Damhudi.

Terkait dengan Pilgub Jatim Tahun 2018 ini, Damhudi berharap bahwa perajin batu akik yang hadir di sosialisasi ini bisa berperan aktif. Salah satu caranya adalah meneruskan informasi terkait Pilgub Jatim 2018 ini kepada keluarga, serta masyarakat di lingkungannya.

Sambutan Ketua KPU Provinsi Jatim

“Saya berterima kasih kepada panitia karena sudah diajak kembali ke sini. Kalau dulu mencari akik namun sekarang dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018,” ujar Eko Sasmito, Ketua KPU Provinsi Jatim.

Pria yang akrab disapa Cak Eko ini menjelaskan dihadapan peserta yang hadir bahwa pada tanggal 27 Juni 2018 nanti akan ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. “Kita punya Tagline Pilgub Jatim Guyub Rukun, Guyub itu penuh kebersamaan, Guyub itu juga berkaitan dengan kegotong royongan. Sedangkan rukun itu kerukunan, penuh kebersamaan, kedamaian,” jelas Eko. Dengan Tagline ini diharapan kedepan dapat membawa Pilgub Jatim khususnya dengan situasi yang aman tanpa pertikaian.

Acara dilanjutkan dengan materi soaialisasi yang disampaikan oleh Divisi Sosialisasi PPK Donorojo, Widhi Sumirat. Dalam sosialisasinya pria yang mempunyai hobi “ndalang” ini menyampaikan sosialisasi dengan unik. Widhi menyampaikan sosialisasi dengan menyanyikan lagu berirama jawa dengan lirik ajakan untuk mencoblos pada 27 Juni 2018 nanti. Hal ini secara langsung mendapat perhatian dari seluruh tamu yang hadir dan diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah oleh seluruh tamu undangan.

gil/Hardi

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/IMG_1375-1024x683.jpghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/IMG_1375-150x150.jpgAdminBerita KPUakik,KPU JATIM,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,sosialisasikpud-pacitankab.go.id Pacitan – Kerajinan batu mulia merupakan kerajinan khas dari Kota Pacitan. Sudah sejak lama Pacitan menjadi sentra produksi kerajinan batu mulia, sehingga hal ini menjadi daya tarik sebagian masyarakat untuk menimba rupiah dari hasil kerajinan batu mulia ini. Dengan melihat potensi banyaknya sumber daya manusia yang terserap sebagai perajin...Pemilih Berdaulat Negara Kuat