kpud-pacitankab.go.id Sidoarjo – Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018  akan ditetapkan dalam waktu dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur maupun KPU Kabupaten/Kota pada saat ini sedang dalam proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Penyusunan DPSHP ini adalah tahapan sebelum ditetapkannya DPT Pilgub Jatim 2018.

KPU Provinsi Jatim selaku penyelenggara pada Pilgub Jatim 2018 nanti semakin meningkatkan persiapannya dari tingkat KPU Provinsi sampai KPU tingkat Kabupaten/Kota. Bertempat di Hotel Premier Palace, Sidoharjo, KPU Provinsi Jatim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Dalam Rangka Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jatim Tahun 2018.

KPU Pacitan Hadiri Bimtek Sidalih

Komisioner KPU Pacitan Divisi Perencanaan dan Data Sittah AAQ, bersama Operator Sidalih KPU Pacitan Sutikno turut hadir diantara 38 KPU Kabupaten/Kota lainnya. Acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito, dan Diisi oleh narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Jatim. Diantaranya Divisi Perencanaan dan Data Choirul Anam, Divisi SDM dan Parmas Gogot C. Baskoro, dan Operator Sidalih KPU Provinsi.

Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito berkesempatan untuk membuka Bimtek. Pria yang akrab disapa Cak Eko ini menjelaskan bahwa Bimtek kali ini digelar karena banyak masukan dari Pemprov, Gubernur Jatim, Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) ataupun Stakeholder terkait dengan data pemilih.

“Kegandaan data pemilih, pemilih yang meninggal dunia, dan permasalahan-permasalahan yang sama yang terjadi sebelumnya menjadi bahan usulan dalam digelarnya Bimtek kali ini,” jelas Cak Eko.

Sesuai Regulasi

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Perencanaan dan Data Choirul Anam memeberikan arahanya. Anam menghimbau bahwa dalam penyusunan rekap baik DPSHP hingga penetapan DPT harus sesuai dengan regulasi.

“Dinamika dalam proses pemutakhiran daftar pemilih ini sangat luar biasa,” ucap Anam. Lebih lanjut Anam menjelaskan bahwa banyak hal dalam proses pemutakhiran ini harus diputuskan dengan penuh tanggung jawab.

Anam juga mengingatkan bahwa dalam proses pemutakhiran ini, Komisioner harus mengawal proses input data di Sidalih. Selain itu harus aktif dan berkomunikasi bersama Operator Sidalih, staff pendukung, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Progress yang lebih baik.

Bimtek dihadiri pula oleh Bawaslu Provinsi, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jatim yang masing-masing menjelaskan tentang pengawasan pemilih dan Progress data penduduk.

Sittah/S.Rini/gil

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-15-at-10.08.21-AM-2-1024x576.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-15-at-10.08.21-AM-2-150x150.jpegAdminBerita KPUKPU JATIM,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,MUTARLIH,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUNkpud-pacitankab.go.id Sidoarjo – Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018  akan ditetapkan dalam waktu dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur maupun KPU Kabupaten/Kota pada saat ini sedang dalam proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Penyusunan DPSHP ini adalah tahapan sebelum...Pemilih Berdaulat Negara Kuat