kpud-pacitankab.go.id Jakarta Pencalonan dan pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kini mennggunakan sistem aplikasi. Sistem aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang nantinya akan digunakan oleh seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dalam mempersiapkan hal tersebut, KPU RI menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan Silon pada Pemilu tahun 2019 di Jakarta (4/6). Bimtek dihadiri oleh seluruh opertor Silon dan Kasubbag Teknis seluruh Indonesia, termasuk operator Silon KPU Pacitan Mei Tri Hastuti, dan Kasubbag Teknis KPU  Pacitan Bambang Sutejo.

Silon : Salah Satu Bentuk Transparansi Publik

Bimtek dibuka oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Dalam sambutannya Arief menyebutkan bahwa penggunaan sistem informasi aplikasi ini merupakan bentuk transparansi lembaga KPU kepada masyarakat umum.

“Sebelumnya KPU telah melakukan bentuk transparansi yaitu Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan juga Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih),” papar Arief. Sistem informasi ini dapat di akses langsung oleh publik, dan diharapkan publik dapat memperoleh informasi yang lengkap terkait tahapan kini yang sedang berjalan.

Terkait dengan Silon ini, Arief juga menyebutkan bahwa ini merupakan salah satu bentuk transparansi kepada publik. “Melalui Silon ini, masyarakat dapat mengakses calon-calon anggota DPR, DPD, dan DPRD,” terang Aref. Publik bisa mengakses informasi tentang riwayat mereka, dari partai mana mereka berasal. Sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas terkait calon-calon yang akan dipilih nanti.

Sehingga masyarakat tidak perlu datang ke KPU RI untuk mencari informasi terkait dengan pemilihan nanti. Seluruh informasi dapat diakses melalui sistem informasi di website resmi KPU. Bahkan Arief juga mengatakan bahwa publik juga dapat mengakses hasil pemilihan melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

“Pada masa penghitungan suara nanti, masyarakat juga dapat mengakses informasi tidak hanya hasil pemilihan saja, tetapi sejak awal proses penghitungan dan rekapitulasi hasil suara di TPS nanti,” tambah Arief.

gil/BangT

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/06/WhatsApp-Image-2018-06-04-at-11.24.02-PM-1024x768.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/06/WhatsApp-Image-2018-06-04-at-11.24.02-PM-150x150.jpegAdminBerita KPUBIMTEK KPU,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,KPU RI,PEMILU 2019,SILONkpud-pacitankab.go.id Jakarta – Pencalonan dan pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kini mennggunakan sistem aplikasi. Sistem aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang nantinya akan digunakan oleh seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di Indonesia. Dalam mempersiapkan hal...Pemilih Berdaulat Negara Kuat