kpud-pacitankab.go.id Tulungagung – Tulungagung kini menjadi tuan rumah gelaran Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Pungra Tungra) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018. Bimtek yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur ini digelar di Hotel Istana Tulungagung selama dua hari, yaitu 9 – 10 Mei 2018.

Ketua KPU Provinsi Jatim Beserta seluruh anggota Komisioner KPU Provinsi hadir dalam acara yang juga dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se Jatim ini. Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis Wahyu Nugroho; Komisioner KPU Pacitan Divisi Keuangan Umum dan Logistik Sulis Styorini; serta Operator Sistem Informasi Penghitungan (Situng) KPU Pacitan Suyudi hadir dalam Bimtek tersebut.

Tahapan yang Sedang Berjalan Berhimpitan

“Tahapan yang sedang kita jalani saat ini berjalan dengan saling berhimpitan,” jelas Eko Sasmito, Ketua KPU Provinsi saat memberikan sambutan. Eko menjelaskan bahwa tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018; Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018; dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berjalan secara bersamaan.

“Tahapan Pilkada Serentak 2018 kini pada tahapan persiapan Pungra dan Tungsura, sementara untuk Pemilu 2019 saat ini tahapannya verifikasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD),” papar Eko. Dengan berjalannya dua tahapan ini, butuh keseriusan dan perhatian yang lebih khususnya pada Divisi Teknis dan Divisi Keuangan, Umum dan Logistik di seluruh KPU Kabupaten/Kota. Hal ini sebagai langah antisipatif untuk masalah yang akan terjadi ke depan, serta upaya dalam mewujudkan pemilihan yang sukses.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris KPU Provinsi Jatim Eberta Kawima juga memberikan arahannya kepada seluruh peserta yang hadir. “Tahapan Pungra dan Tungsura merupakan titik kulminasi dari Pilkada serentak,” terang Wima. Lebih lanjut Wima menjelaskan bahwa Pungra dan Tungra merupakan bagian yang paling penting, sehingga butuh kerja keras dan ketelitian yang tinggi, sehingga outputnya akan maksimal.

Bimtek hari kedua pada Kamis (10/5) dilanjutkan dengan simulasi rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Simulasi menghadirkan PPK Kota Tulungagung dengan memeragakan situasi rekapitulasi mulai dari pembukaan, rekapitulasi hasil masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai pada penandatanganan Berita Acara rekapitulasi.

“Dengan simulasi ini, akan memberikan gambaran yang sebenarnya saat rekap di PPK, dan mengetahui setiap prosedur tahapan rekapitulasi penghitungan suara,” terang Muhammad Fatah, Komisioner KPU Tulungagung Divisi Teknis.

gil/S.Rini

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Image-2018-05-14-at-11.01.46-AM-1024x678.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Image-2018-05-14-at-11.01.46-AM-150x150.jpegAdminBerita KPUBIMTEK KPU,KPU JATIM,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUN,Pungra,Tungsurakpud-pacitankab.go.id Tulungagung – Tulungagung kini menjadi tuan rumah gelaran Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Pungra Tungra) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018. Bimtek yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur ini digelar di Hotel Istana Tulungagung selama dua hari, yaitu 9 –...Pemilih Berdaulat Negara Kuat