kpud-pacitankab.go.id Sidoarjo – Keberadaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam setiap pelakasanaan tahapan pemilihan ataupun pemilihan umum sangat penting. Bawaslu terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam setiap kegiatan yang dilakuan. Dengan tujuan supaya setiap kegiatan/tahapan yang dilakukan oleh KPU sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU).

KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) Dalam Rangka Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jatim Tahun 2018. Dalam Bimtek yang dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota juga dihadiri Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

“Problem dalam penyusunan DPT ini selalu ada, meskipun sudah disandingkan dengan SIAK,” jelas Totok Hariyono, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Totok menghimbau kepada KPU untuk melakukan segala upaya agar dalam penetapan DPT nanti akan lebih baik.

Hak Pilih Tak Terbengkalai

Lebih lanjut, Totok menyampaikan materi tentang potensi pelanggaran dalam proses pemutakhiran data pemilih. Sebagai lembaga pengawas, pihaknya akan melakukan pengawasan dalam pemutakhiran data pemilih ini. Tujuannya adalah supaya hak pilih masyarakat dalam pemilihan nanti tidak akan terbengkalai.

“Titik tumpu pada pengawasan Bawaslu adalah PKPU Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 5 dan Pasal 15,” tegas Totok. PKPU yang menjelaskan tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih ini menjadi dasar pengawasan Bawaslu dalam mengawasi ada atau tidak pelanggaran administrasi dalam pemutakhiran.

Ada beberapa potensi masalah yang disampaikan oleh Totok pada kesempatan tersebut. Diantaranya adalah Pemilih yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Surat Keterangan dari Disdukcapil; Kelengkapan dan Validitas daftar pemilih; Pemilih yang terdaftar namun tidak mendapat pemberitahuan memilih (Formulir C6); dan Ketidaklengkapan data administrasi KPPS & PPS terkait pemilih yang tidak menerima pemberitahuan memilih (Formulir Model C6).

“Lakukanlah semua tahapan sesuai dengan PKPU, dijamin tidak ada rekomendasi dari Bawaslu, karena pengawasan Bawaslu berdasarkan dengan PKPU,” imbuh Totok.

Bimtek yang digelar di Hotel Premier Place, Sidoarjo ini dilaksanakan selama dua hari, mulai pada Tanggal 14 – 15 April 2018. Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi Program dan Data Sittah AAQ dan Operator Sidalih Sutikno tampak hadir dalam Bimtek.

Sittah/S.Rini/gil

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-15-at-10.01.05-AM-1024x576.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-15-at-10.01.05-AM-150x150.jpegAdminBerita KPUBAWASLU PROVINSI,KPU JATIM,PERATURAN KPU,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUNkpud-pacitankab.go.id Sidoarjo – Keberadaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam setiap pelakasanaan tahapan pemilihan ataupun pemilihan umum sangat penting. Bawaslu terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam setiap kegiatan yang dilakuan. Dengan tujuan supaya setiap kegiatan/tahapan yang dilakukan oleh KPU sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU). KPU Provinsi Jawa Timur menggelar...Pemilih Berdaulat Negara Kuat