kpud-pacitankab.go.id Jakarta – Persiapan terkait logistik pada Pemilihan Umum (Pemilu)/Pemilihan terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI). Hal ini menginggat pentingnya pengelolaan logistik untuk mewujudkan Pemilu/Pemilihan yang berdaulat, sehingga prosesnya harus dikawal dan dipersiapkan sebaik mungkin.

KPU RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Terkait Tata Kelola Manajemen Gudang Logistik Pemilu/Pemilihan. Bimtek yang digelar di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni pada 2 sampai dengan 4 Mei 2018 ini dihadiri oleh 9 KPU Provinsi dan 174 KPU Kabupaten/Kota. Komisioner KPU Pacitan Divisi Keuangan, dan Logistik Sulis Styorini, dan Kasubbag Umum Haning Wahyu Puspitasari juga tampak hadir di Bimtek tersebut.

Persiapkan Logistik Dengan Baik

Bimtek yang digelar oleh KPU RI ini merupakan rangkaian yang telah dilakukan sebelumnya, dan ini merupakan Bimtek gelombang III yang bertempat di Jakarta. Ketua KPU RI, Arief Budiman membuka Bimtek dan memberikan sambutannya dihadapan peserta yang hadir.

Arief menyatakan bahwa logistik dalam Pemilu/Pemilihan harus dipersiapkan dengan baik, hal ini untuk mengantisipasi masalah yang akan muncul kedepannya. “KPU sebagai penyelenggara pemilihan berkewajiban untuk menyimpan, mendistribusikan logistik pemilihan dengan baik,” jelas Arief.

Lebih lanjut Arief menegaskan bahwa logistik pemilihan memiliki substansi yang sangat luar biasa. “Logistik dalam pemilihan dapat mengkonversi surat suara pemilih menjadi kursi yang diduduki oleh pemimpin dan wakil rakyat nanti,” tegas Arief. Kedaulatan rakyat kini berada di tangan KPU sebagai penyelenggara, sehingga kewajiban dari penyelenggara adalah menggelola dan menjaga dengan baik.

Arief menyebutkan bahwa ada beberapa permasalahan yang muncul dalam Pemilu/Pemilihan yang disebabkan oleh logistik pada beberapa waktu yang lalu, sehingga dalam pengelolaan logistik harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kawal  setiap perencanaan, pengadaan, pendistribusian, sampai penyimpanan logistik. Cerita buruk tentang logisik tidak boleh terjadi lagi,” himbau Arief.

Dilaksanakan dalam 3 Hari

Bimtek hari selanjutnya pada hari Kamis (3/5) diisi dengan penyampaian materi yang dibagi menjadi 5 Sesi. Sesi 1 penyampaian materi Perencanaan dan Anggaran yang tepat dalam Menunjang Tahapan Pemilu dan Pemilihan yang disampaiakan oleh Biro Perencanaan KPU RI; Sesi 2 diisi materi Pengelolaan Anggaran Hibah Pemilihan serta Anggaran Tahapan Pemilu 2019 yang disampaikan oleh Biro Keuangan; Sesi 3 penyampaian materi Pengelolaan/Pencatatan Barang Logistik Pemilu/Pemilihan yang disampaiakan oleh Biro Umum KPU RI; Sesi 4 penyampaian materi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu/Pemilihan yang disampaiakan oleh Biro Teknis KPU RI; Dan sesi 5 adalah Panel Biro Logistik.

Pada hari Jumat (4/5) Bimtek dilanjutkan dengan Perumusan Hasil Kegiatan sekaligus penutupan acara Bimtek.

S.Rini/gil

http://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Image-2018-05-07-at-8.45.45-AM-1024x768.jpeghttp://www.kpud-pacitankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/WhatsApp-Image-2018-05-07-at-8.45.45-AM-150x150.jpegAdminBerita KPUBIMTEK KPU,KPU MELAYANI,KPU PACITAN,KPU RI,logistik,PEMILU 2019,PILGUB JATIM 2018 GUYUB RUKUNkpud-pacitankab.go.id Jakarta – Persiapan terkait logistik pada Pemilihan Umum (Pemilu)/Pemilihan terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI). Hal ini menginggat pentingnya pengelolaan logistik untuk mewujudkan Pemilu/Pemilihan yang berdaulat, sehingga prosesnya harus dikawal dan dipersiapkan sebaik mungkin. KPU RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Terkait...Pemilih Berdaulat Negara Kuat