IMG-20171202-WA0065Pacitan, kpud-pacitankab.go.id. Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pacitan, Selasa (28/11) menyita banyak perhatian, keprihatinan, dan duka yang mendalam bagi banyak pihak. Besarnya dampak banjir dan longsor ini secara tidak langsung menimbulkan dampak materiil dan imateriil kepada masyarakat Pacitan.

Banyak dari rumah dan aset mereka yang terkena dampak banjir dan longsor ini. Tak sedikit pula dari mereka yang memiliki trauma/dampak psikologi akibat bencana ini. Hal ini pun praktis membuat keprihatinan bagi siapa saja yang secara langsung melihat/mengetahui kondisi korban pasca bencana ini.

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan juga tidak luput dari dampak banjir meskipun tidak se-parah seperti kondisi di daerah lain. Di sisi lain, KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim) melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten seluruh Jatim untuk ikut membantu memberikan bantuan di Pacitan.

IMG_4993Bantuan tiba di Pacitan pada hari Sabtu (2/12) yang di Koordinir oleh Komisioner KPU Provinsi Jatim, Choirul Anam. Bantuan diterima langsung oleh Ketua, Komisioner, dan Sekretariat KPU Pacitan di Kantor KPU Pacitan. Selain itu beliau menyempatkan diri untuk melihat langsung kondisi pasca banjir dan tanah longsor di Pacitan. “Bantuan ini bentuk solidaritas dari teman-teman KPU Provinsi dan KPU Kabupaten se-Jatim,” jelas Choirul Anam. “Semoga dapat meringankan beban kawan-kawan Pacitan yang sedang mendapat cobaan dari Allah,” imbuhnya.IMG_5030

40% dana dialokasikan untuk bantuan berupa sembako, perlengkapan mandi, sepatu, obat-obatan, serta peralatan pendukung lainnya. Sedangkan 60% sisa dana tersebut diberikan kepada korban dan rekan kerja di KPU Pacitan yang membutuhkan bantuan. Semua bantuan tersebut disalurkan melalui Posko yang didirikan pada kediaman Ketua KPU Pacitan di Baleharjo. (Tekmas)