Pacitan, kpud-pacitankab.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019. Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Permata selama 2 hari, 27 s/d 28 November 2018. Sosialisasi ini merupakan rangkaian tahapan jelang Pileg 2019 nanti.

Hari pertama sosialisasi ini dihadiri oleh Komisioner KPU Pacitan beserta seluruh Undangan dari Seluruh Partai Politik (Parpol) di Pacitan. Sebelum pemaparan materi, tampak hadir Kasat Binmas Polres Pacitan, AKP Rosita juga memberikan sosialisasi mengenai Gerakan Cipta Kondisi Keamanan jelang Pilgub Jatim 2018.

Beliau menyebutkan bahwa Gerakan Cipta Kondisi ini telah dimulai sejak 24 November s/d 7 Desember. “tugas kami adalah patroli, sosialisasi, tatap muka kepada masyarakat terkait Pilgub 2018 nanti.” tegasnya. Beliau juga menambahkan, “tugas pokok kami adalah Preventif atau pencegahan. Kalau ada ada permasalahan yang berada di masyarakat, kami bisa mengambil tindakan sehingga tahapan Pilgub 2018 akan berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Penyaji materi adalah Wahyu Nugroho, Komisioner KPU Pacitan. Menurut beliau, untuk saat ini, penataan dapil di Pacitan diperkirakan tidak ada. “tugas KPU Kabupaten adalah menyusun dan menata Dapil untuk DPRD Kabupaten berdasarkan Undang-Undang,” Jelasnya. Dalam lampiran UU No. 7 Tahun 2017, alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten adalah 3 sampai 12 Kursi.

Sosialisasi hari kedua dihadiri oleh Satker terkait, rekan-rekan Media, Ormas-ormas, dan Sat Binmas Polres Pacitan. Ketua KPU Pacitan dalam sambutannya, “bagi kami, Bapak/Ibu semua ini adalah sesuatu yang sangat penting. Dimana dikemudian hari KPU Pacitan akan membutuhkan masukan / alasan terkait Dapil di Pacitan,” ungkapnya. Beliau juga menambahkan ini merupakan lankah awal sebelum uji Publik. Isi materi materi yang dipaparkan kurang lebih sama dengan sosialisasi hari pertama pada 27 November lalu.

Acara berakhir pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara komisioner dengan peserta. Dilanjutkan dengan makan siang yang telah disiapkan dalam acara sosialisasi tersebut. (Tekmas)