Pacitan, kpud-pacitankab.go.id. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji anggotaa PPK dan PPS  digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan di Gedung Pemuda Pacitan pada Sabtu (25/11). Tampak hadir Bupati Pacitan, Forkompimda, Dandim Kabupaten Pacitan, Kapolres Pacitan, Panwaslu Kabupaten Pacitan, serta seluruh keluarga besar KPU Pacitan. Selain itu hadir pula  Kades (Kepala Desa) dan Camat yang  memenuhi undangan KPU Pacitan.

Acara dimulai dengan pengambilan Sumpah/Janji anggota PPK dan PPS yang diwakili oleh masing-masing 2 orang. Pengambilan Sumpah/Janji dipandu oleh Bakhrul Husaini dari Penyelenggara Syariah Kemenag disaksikan oleh Bupati dan ditanda tangani oleh Ketua KPU Pacitan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Pacitan menegaskan dan memberikan pengarahan kepada seluruh anggota PPK dan PPS. Bahwa dalam melaksanakan tugas harus sesuai dengan tanggung jawab dan kewajiban sebagai anggota. “Lakukanlah tugas yang diberikan oleh KPU Kabupaten dan KPU Provinsi dengan penuh tanggung jawab. Tingkatkan kemampuan Capacity Building dan Technical Building.” tegasnya.

Selain itu beliau menambahkan bahwa peran serta Pemerintah dalam membantu kelancaran tugas penyelenggara pemilu sesuai dengan Pasal 434 UU No. 7 Tahun 2017. Bantuan diantaranya penugasan personil, penyediaan sarana ruangan sekretariat PPK dan PPS, pelaksanaan sosialisasi, kelancaran logistik, dan kegiatan lainnya sesuai kebutuhan pemilu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pacitan memberikan sambutan. “Saya berterima kasih atas kesediaan Bapak dan Ibu untuk menjadi Pahlawan Demokrasi (Anggota PPK dan PPS) dalam mensukseskan Pilgub Jatim 2018.” ucapnya. Beliau juga menyebutkan bahwa tanpa peran Pahlawan Demokrasi kegiatan pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik. “Suksesnya Pemilu berarti suksesnya Pilkada Jatim khususnya Kabupaten Pacitan .” tegasnya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Bakhrul Husaini dari Penyelenggara Syariah Kemenag. Dilanjutkan dengan berjabat tangan antara tamu undangan dan Bupati dengan anggota PPK dan PPS. (Tekmas)