IMG-20171110-WA0023Pacitan, kpu-pacitankab.go.id. Agenda kegiatan tahapan Pilkada Serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019 semakin padat. Hal ini mengharuskan Ketua dan Anggota KPU Pacitan  berhalangan hadir dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan.

Tampak hadir Sekretaris KPU Pacitan, S. Budi Santoso dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Pacitan pada hari Jumat (10/11) malam. Rapat paripurna bertempat di Gedung Utama DPRD Kabupaten Pacitan dengan agenda rapat Pengambilan Keputusan Terhadap Raperda Tentang APBD Kabupaten Pacitan Tahun 2018.

Rapat Paripurna ini diikuti oleh 33 orang anggota dari 40 orang anggota DPRD. Selain itu ikut hadir pula Bupati Pacitan, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda, Ketua Parpol, Ketua Ormas. Tak ketinggalan pula Dharma Wanita Persatuan dan Ketua Tim PKK, Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Seluruh Camat di Kabupaten Pacitan.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama oleh segenap hadirin sidang paripurna sebagai pembuka. Rapat Paripurna dibuka oleh ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono, sebagai pimpinan sidang dengan menyampaikan agenda rapat yang akan dilaksanakan mulai dari awal sampai akhir.

Dalam kesempatan tersebut, Ronny Wahyono juga menyampaikan penghargaan yang diperoleh Pemerintah Daerah Pacitan. Tidak lupa beliau mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasi yang diraih baik dari tingkat Pusat ataupun tingkat Provinsi Jawa Timur.

Nursigit Efendi, SE.MM selaku juru bicara rapat gabungan fraksi menyampaikan, melalui hasil rapat Tingkat Komisi dan Badan Anggaran, anggaran tahun 2018 mengalami penurunan dan berkurang bila dibandingkan dengan anggaran tahun lalu. Dari hasil pembahasan Fraksi, pada prinsipnya seluruh fraksi menerima dan menyetujui Raperda APBD 2018 untuk dijadikan Perda APBD 2018. Namun persetujuan tersebut ada beberapa catatan yang harus segera ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah.

Setelah juru bicara selesai membacakan hasil rapat dari fraksi-fraksi dikembalikan kepada ketua sidang untuk mendapatkan persetujuan. Setelah persetujuan dimufakatkan oleh seluruh anggota DPR, selanjutnya Bupati dan Ketua DPRD menandatangani Berita Acara Persetujuan Raperda APBD 2018.

Sidang Paripurna ditutup pukul 21.40 WIB dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Agus Hadi Prabowo, MPD dari Kemenag Pacitan. Sembari membacakan Alhamdulilah, pimpinan sidang mengetukan palu tiga kali sebagai tanda berakhirnya sidang paripurana. (Tekmas)