Pacitan, kpud-pacitankab.go.id, Di sela-sela kesibukan pelaksanaan tahapan Pemilihan serentak tahun 2018, Kamis, 12 Oktober 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan hadir di tengah-tengah keluarga besar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pacitan. Pada kesempatan kali ini hadir 2 (dua) orang anggota Komisioner didampingi Sekretaris KPU Pacitan serta petugas dokumentasi. Kehadiran KPU Pacitan kali ini atas undangan yang di sampaikan dalam rangka memberikan materi pencerahan tentang kepemiluan di SMAN 1 Pacitan. Perlu diketahui bahwa SMAN 1 Pacitan pada hari ini menggelar acara pemilhan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Bertempat di aula indoor SMAN 1 Pacitan, dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai acara ini di gelar.

Kedatangan KPU Pacitan di lingkungan SMAN 1 Pacitan sudah bukan orang asing lagi, sambutan jabat tangan dari Plt kepala sekolah, para guru dan para siswa menambah kedekatan yang memang selama ini sudah saling mengenal. Memasuki lokasi aula indoor SMAN 1 Pacitan, seketika sudah langsung nampak bahwa hari itu akan di gelar sebuah pemilihan. Perlengkapan pemilihan dan tata letak tampak tertata rapi sudah dipersiapkan oleh para siswa yang sengaja sudah dipersiapkan untuk mengelar acara pemilihan ketua OSIS. Segala persiapan sudah tampak dilakukan dengan apik mulai dari mempersiapkan perlengkapan kotak dan bilik suara, alat dan bantalan coblos, surat suara, daftar pemilih, tinta serta panitia penyelenggaranya. Kepanitiaan pemilihan ketua OSIS tersebut sepenuhnya terdiri dari para siswa sendiri. Pemilih, yang merupakan siswa-siswi  SMAN 1 Pacitan sudah siap berkumpul menjadi satu untuk mengikuti gelaran pemilihan ketua OSIS.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara pemilihan ketua OSIS di SMA 1 Pacitan kali ini di mulai. Acara dilanjutkan dengan pidato dan arahan Plt kepala sekolah, sekaligus membuka acara. Selesai memberikan sambutan, kepala sekolah menyerahkan sepenuhnya kepada nara sumber dari KPU Pacitan. Anggota Komisioner KPU Pacitan, Sittah AAQ, langsung menyampaikan materi penyegaran tentang pemilu dan kepemiluan di Indonesia. Anggota Komisioner KPU Pacitan dalam paparanya, menyampaikan tentang pentingnya pembelajaran pemilu dan  kepemiluan yang bermanfaat utamanya bagi bagi siswa yang merupakan generasi penerus bangsa yang pada saatnya nanti akan menerima warisan dari para seniornya.  Ditambahkan juga oleh Sittah AAQ bahwa meskipun siswa-siswi usia sekolah setingkat SMA pada saat ini masih ada yang belum mempunyai hak pilih dalam Pemilu, namun pemahaman awal yang benar mengenai pemilu dan kepemiluan merupakan modal dasar cerdas untuk menentukan masa depan bangsa.

Usai paparan materi dari KPU Pacitan, acara dilanjutkan dengan penyampaian visi misi calon ketua OSIS dari 3 (tiga) orang calon kandidat dengan nomor urut (1), (2) dan (3). Para calon kandidat berpidato dan terdengar lantang di mimbar panggung kehormatan dalam menyampaikan visi misinya, sehingga para pemilih (siswa) bisa melihat dan mendengar langsung sebagai dasar menentukan pilihanya. Sesuai dengan pengamatan pagelaran pemilihan ketua OSIS di SMA 1 Pacitan tersebut sudah tampak mirip dengan pelaksanaan pemilu atau pemilihan yang sesungguhnya. Dimulai dengan pengenalan calon, tersedianya daftar pemilih, adanya surat suara, tinta, kotak dan bilik, alat dan bantalan coblos serta adanya panitia pemungutan suara, sudah mencerminkan sebuah perhelatan pemilu. Berbagai  perlengkapan yang berkaitan  dengan pemilihan ketua OSIS di SMA 1 Pacitan ini dipinjami dari KPU pacitan. Seluruh rangkaian perhelatan pemilihan ketua OSIS, sampai dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di SMA 1 Pacitan kali ini berjalan dengan lancar tertib dan aman. Selamat belajar berdemokrasi adik – adik, kaulah penerus bangsa ini….