3 DIFABELPacitan, kpud-pacitankab.go.id, Semakin dekatnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 di Republik ini membuat penyelenggara semakin giat mempersiapkan diri. Seakan tidak mengenal rasa lelah dengan tak henti-hentinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menyebarkan semangat demokrasi kepada semua lapisan masyarakat. Kali ini, KPU Pacitan sosialisasi terkait pemilu dan kepemiluan di komunitas penyandang disabilitas Pacitan.  Kegiatan ini digelar pada hari Minggu tanggal 14 Mei 2017 dengan narasumber Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi SDM dan Parmas, Suhardi yang didampingi Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas sekretariat KPU Pacitan, Bambang Sutejo. Kehadiran KPU Pacitan kali ini merupakan agenda kegiatan yang telah dijadwalkan dalam rangka memberikan materi pencerahan tentang pemilu dan kepemiluan di Komunitas Difabel Pacitan.  Dimulai pukul 10.25 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Sekretariat Komunitas Difabel Pacitan, Jalan Walanda Maramis Lingkungan Balong Kelurahan Sidoharjo Pacitan acara tersebut digelar. Komunitas Difabel Pacitan hadir pada acara kali ini sebanyak 11 orang dari total keseluruhan anggota 21 orang.

            Seperti pada sosialisasi-soaialisasi di tempat lain, nara sumber menyampaikan materi tentang pemilu dan kepemiluan kepada pemilih segmen disabilitas. Penyampaian materi diselingi dengan canda dan gurauan santai namun serius dengan tetap pada tema sehingga suasana menjadi segar. Penekanan pada hak pilih seseorang, agar apabila sudah memenuhi syarat untuk memilih tanpa memandang suku, ras maupun golongan, hendaknya menggunakan hak pilihnya. Memilih dengan cara mencoblos pada setiap even pemilu dan pilkada di wilayahnya masing-masing.

2 DIFABEL

Diharapkan dengan gencarnya sosialisasi KPU kepada semua lapisan masyarakat secara langsung dapat berdampak terciptanya pemilih-pemilih yang cerdas sehingga menghasilkan pemilu maupun pemilihan yang berkualitas. Beberapa pertanyaan segar dan menggelitik yang dilontarkan dari audien tentang kepemiluan menjadikan materi yang disampaikan seakan bukan hal baru bagi mereka.

Ditambahkan juga oleh Suhardi bahwa materi kepemiluan sebenarnya sudah disampikan berulang kali, bukan hanya pada kali ini saja.  Meskipun demikian tidak salahnya pemahaman yang benar mengenai pemilu dan kepemiluan merupakan modal dasar cerdas untuk menentukan masa depan bangsa. Rangkaian kegiatan pencerahan pemilu dan kepemiluan kepada pemilih segmen disabilitas kali ini berjalan dengan lancar hingga selesainya acara ini di gelar.

1 DIFABEL

Acara ditutup oleh ketua penyandang disabilitas Pacitan, Ipal, dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada KPU yang telah hadir di tengah-tengah komunitas disabilitas Pacitan. ”Kami bangga bisa ngobrol langsung tentang pemilu dan kepemiluan dengan KPU Pacitan” terang Ipal mengakirinya.

Penulis  :  Divisi SDM dan Parmas