13Pacitan, kpud-pacitankab.go.id, Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ketiga yang diselenggarakan pada tahun 2018 akan segera dimulai. Berbagai persiapan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Salah satu kegiatan dibidang logistik adalah diadakannya Rapat Koordinasi Pengelolaan Logistik Pemilu/Pemilihan serta penganggarannya. Acara yang digelar tanggal 9 sampai dengan 10 Mei tahun 2017 tersebut diikuti oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Ketua KPU RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan KPU kedepan adalah penyelenggaraan Pilkada serentak dan Pemilu serentak. Untuk    Pilkada serentak sudah dimulai dari tahun 2015 sedangkan untuk Pemilu serentak baru akan dilaksanakan pertama kali tahun 2019 yaitu Pemilu legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara bersama-sama. KPU RI akan melaksanakan launching tahapan Pilkada Serentak ketiga tahun 2018 pada tanggal 14 juni 2017, dan setelah itu tahapan akan dimulai.

14

Tantangan tersebut diatas tentu akan dijawab dengan penyelenggaraan yang profesional. Untuk itu menjadi penyelenggara Pemilu tidak hanya berbekal pengalaman saja akan tetapi juga ilmu pengetahuan. Lebih lanjut, Arief Budiman juga menyampaikan bahwa Logistik merupakan salah satu core bussiness dari pelaksanaan Pemilu. Selain logistik dua hal lainnya adalah Data Pemilih dan Pemungutan Penghitungan Suara. Tiga hal utama tersebut harus mendapatkan perhatian paling serius.

Selain ketua KPU RI hadir pula anggota divisi teknis Ilham Saputra dan Kabag Pengadaan KPU RI Rohim Noor serta seluruh komisioner KPU Provinsi Jawa Timur. Acara dua hari di Tanjung Kodok Resort Beach tersebut membahas hal-hal yang berkaitan dengan penganggaran dan kebijakan-kebijakan terkait pengadaan barang dan jasa Pemilu maupun Pemilihan. (Divisi Umum, Keuangan dan Logistik)