11

Pacitan, kpud-pacitankab.go.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi, tentang Pelaporan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/ Kota tingkat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. Pada hari Rabu, tanggal 10 Mei 2017, yang dimulai kurang lebih pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Tanjung Kodok Beach Resort, Lamongan, acara ini digelar.

Peserta terdiri dari seluruh anggota KPU Divisi Teknis, dari 38 KPU Kab/ Kota di Jawa Timur. Anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis, Wahyu Nugroho hadir di perhelatan acara tersebut. Nara sumber kegiatan kali ini terdiri dari Anggota KPU RI Divisi Teknis, Ilham Saputra, Kabiro Teknis Hupmas Sekretariat KPU RI, Sigit Djoyo Wardoyo dan anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Divisi Teknis, Muhammad Arbayanto.

Acara dibuka oleh anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Divisi Teknis, Muhammad Arbayanto. Dalam pengantarnya Mohammad Arbayanto menyampaikan bahwa PAW sebenarnya tidak terjadi di seluruh KPU Kab/ Kota. ”Namun meskipun PAW jarang ada namun kita harus terus mempelajari regulasinya” tegasnya.

12

Selanjutnya nara sumber dari Anggota KPU RI Divisi Teknis, Ilham Saputra, menyampaikan penekanan-penekanan tentang syarat – syarat PAW dan regulasi yang mengaturnya. Ilham Saputra, dalam rapat koordinasi dan evaluasi tersebut  juga menyampaikan materi tentang Pilkada dan Implikasinya Terhadap PAW Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/ Kota. Kabiro Teknis Hupmas Sekretariat KPU RI, Sigit Djoyo Wardoyo, tanpa ketinggalan juga menyampaikan materi serta mengupas tuntas secara terang benderang tentang permasalahan PAW.

Di akhir acara, Anggota KPU RI Divisi Teknis, Ilham Saputra menyatakan bahwa, hal-hal yang menyangkut masalah PAW akan dilakukan revisi atas Peraturan KPU. Revisi dimaksudkan untuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.