IMG_1168Pacitan, kpud-pacitankab.go.id, Jum’at 5 Mei 2017 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan selalu mengobarkan semangat demokrasi kepada pemilih pemula utamanya siswa – siswi SMA/SMK/MA baik Negeri maupun Swasta. Kali ini KPU Pacitan sosialisasi kepada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Tegalombo tepatnya di Desa Gemaharjo yang wilayahnya perbatasan antara Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo. Sudah barang tentu peserta sosialisasi di SMAN Tegalombo terdiri dari para siswa yang domisilinya di wilayah perbatasan dua Kabupaten. Sosialisasi kali ini dengan narasumber Anggota Komisioner Divisi SDM dan Parmas,Suhardi yang didampingi staf sekretariat. Bertempat di Aula SMAN Tegalombo acara tersebut dilaksanakan, dimulai pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai.

 Seperti pada sosialisasi sebelumnya, pemateri menyampaikan materi tentang dasar kepemiluan kepada pemilih pemula serta sesi tanya jawab untuk memantapkan pemahaman dari peserta. Penyampaian materi diselingi dengan canda dan gurauan santai namun serius dan tetap pada tema tentang pemilu agar tidak membosankan Materi lebih ditekankan kepada para pemilih pemula yang sudah memenuhi syarat untuk memilih. Disampaikan oleh Suhardi bahwa pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun hendaknya menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos pada setiap even pemilu dan pilkada di wilayahnya masing-masing.

IMG_1173Diharapkan dengan gencarnya sosialisasi KPU kepada pemilih pemula secara langsung dapat berdampak menciptakan pemilih – pemilih yang cerdas sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas Beberapa pertanyaan segar dan menggelitik yang dilontarkan para siswa tentang kepemiluan menjadikan materi yang disampaikan seakan bukan hal baru bagi mereka. diantaranya itu menanyakan tentang penggunaan hak untuk memilih bagi penyandang Disabilitas, penggunaan hak pilih bagi orang yang sudah berumur 17 tahun namun belum ber KTP dan lain-lain.dan kesemuanya telah dijawab oleh narasumber.

Ditambahkan juga oleh Suhardi bahwa materi kepemiluan sebenarnya sudah tercamtum dalam materi pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Meskipun siswa-siswi pada saat in iada yang sudah atau belum mempunyai hak pilih dalam Pemilu, namun pemahaman awal yang benar mengenai pemilu dan kepemiluan merupakan modal dasar cerdas untuk menentukan masa depan bangsaSemua kegiatan pencerahan kepemiluan di SMAN Tegalombo tersebut berjalan dengan lancar hingga selesainya acara ini di gelar.IMG_1176

Penulis :Rindarto, Editor :Kasubbag Teknis dan Hupmas.